Kamis, 14 Maret 2013

First Experience in Internet Web

   Sesuai judulnya, kali ini saya akan menjelaskan tentang pengalaman pertama saya dalam mengenal internet web. Seperti yang telah kita ketahui, saat ini Internet web telah berkembang pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun jenis-jenis dari internet web tersebut yaitu seperti Entertaiment Web, Web gaming, Social media dan lain.


   Jenis internet web yang pertama kali saya kenal yaitu Web browser. Dimulai sejak saya duduk di kelas 6 sd, saat itu internet sedang booming di masyarakat, dan saat itu pula pertama kalinya saya mengenal internet. Adapun pengertian dari Web browser  atau dalam bahasa indonesia peramban web, merupakan software yang mempunyai fungsi menampilkan halaman sebuah website. Sedangkan pengertian web browser menurut wikipedia "perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web".

    Menurut pengalaman saya, Web browser adalah jenis dari Internet web yang sangat fungsional, karena sangat membantu kita dalam mencari data, informasi maupun berita yang kita inginkan. Beberapa contoh web browser yang populer saat ini ialah Mozilla Firefox , Google Chrome dan Internet Explorer, berdasarkan hasil survei yang saya kutip dari halaman situs w3schools.com, Google Chrome merupakan browser yang terpopuler yaitu 44.1 %, Mozilla Firefox 32.2 %, Internet Exploler 16.4 %, Safari 4.2 % dan Opera 2.1 %. 

   Masing-masing dari Web browser yang telah saya sebutkan tadi memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri, dan saya akan menjelaskannya satu persatu.




Mozilla Firefox 

Kelebihan : memiliki banyak fitur tambahan/add ons (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Add ons itu bisa berasal dari Mozilla itu sendiri atau dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia. Mozilla Firefox juga mudah di update dan memiliki security system/keamanan yang sangat baik. Browser juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak (jika dibandingkan dengan Internet Explorer). 

Kekurangan : terkadang loading Mozilla Firefox cukup memakan waktu saat mulai dari start awal. Terlebih jika banyak adds on yang terinstal. Update pada Firefox juga artinya kita mendownload versi anyar dari Firefox itu sendiri, tidak seperti Internet Explorer yang hanya meng-upgrade modulnya saja. Selain itu, update Firefox juga biasanya menyebabkan beberapa adds on yang terinstal tidak berfungsi. 




Opera 

Kelebihan : Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau PC. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook dan sebagainya. Memiliki Opera Turbo yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat. Pemanggilan kembali Cache lebih cepat. 

Kekurangan : Opera Browser biasanya sedikit lambat dalam membaca scriptpada beberapa halaman situs. Sama seperti Firefox, meng-update Operas Browser artinya harus men-download kembali masternya. 




Google Chrome 

Kelebihan : Chrome saat ini memiliki reputasi yang cukup kuat untuk menyaingi Firefox di dalam dunia web browser. Browser Chrome ini bisa dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi. Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis. Desainnya cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat (paling tahan terhadap serangan hacker). Update Chrome juga mudah. 

Kekurangan : Tapi sayangnya Google Chrome yang tersedia saat ini masih dalam versi Beta. Chrome juga terkesan kurang dinamis karena fiturnya tidak banyak. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa Chrome masih banyak security hole-nya sehingga tidak disarankan untuk transaksi keuangan. Makin banyak tab dibuka maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan saat browsing. 




Internet Explorer 

Kelebihan : Sudah menyediakan add ons tetapi tidak sebanyak Firefox, tampilan lebih simpel, elegan dan menarik, terintegrasi dengan system operasi Windows, gampang dan tidak ribet dalam pengoperasiannya, tampilan situs dan loading gambar lebih cepat dan jelas, beberapa situs hanya bisa dibuka khusus untuk IE dan saat ini Internet Explorer masih menjadi browser yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. 

Kekurangan : Sering gagal membaca script dibeberapa situs khususnya CSS, system keamanan yang belum optimal, tidak ada fitur tab, dan kecepatan dalam membuka web kalah cepat dengan yang lainnya apalagi dalam kondisi bandwith kecil, berat saat membuka tab baru dan start pertama.






sumber :
http://kemelus.blogspot.com/2012/11/pengertian-web-browser.html
http://www.didno76.com/2012/08/kelebihan-dan-kekurangan-browser.html






0 komentar:

Posting Komentar